Refleksi Fotografi Dengan Smartphone

Februari 05, 2014

TIPS, www.KANGYASIN.com - Hi sobat phonegrapher kali ini kang yasin mau share tips dari OM MarkenPay yang ane dapat dari milis FOTODROIDS nih mengenai pengambilan foto REFLEKSI dengan Kamera HP atau Smartphone. langsung simak yuk artikel OM Marken berikut.



Bermula melihat genangan air dijalanan yang rusak dan bolong, hingga ketika hujan datang meniatkan hati untuk singgah di sebuah warung kopi.

Tidak jauh didepan mata terdapat satu jalan rusak bolong penuh genangan air dan disisi tengah terdapat sebuah batu besar terdampar.

Mata saya tertuju pada refleksi batu hingga cipratan hujan yang kemudian mendatangkan imaji, memikirkan dan membayangkan apa yang bisa dituangkan untuk ide.

Hingga berselang waktu.. kutuangkan gagasan imaji tersebut kedalam sebuah karya. Saya kerjakan diruang dapur, menggunakan kamera Smartphone dan dengan bahan-bahan yang sudah saya siapkan berupa :
  1. Ember besar untuk alas bawahan, yang diberi air demi menghasilkan refleksi.
  2. Lampu meja belajar sebagai lighting. tutup pakai kertas HVS, agar cahaya tidak terlalu mencolok di background.
  3. Background yang kugunakan Papan tulis mengajar. krn tidak punya properti lain yang berukuran cukup dan berwarna hitam selain papan tersebut.
  4. Styrofoam untuk pantulan cahaya soft (lembut) ke sisi objek yang gelap.
  5. Gelas untuk efek cipratan air. dituangkan dengan tangan kiri dari atas untuk kesan dramatis. (tangan kanan pegang Smartphone)
Untuk objek saya pilih sabun bermerk bukan maksud ajang promosi, namun terlebih untuk kesesuaian objek dengan konsep yang basah-basahan.

Behind the scene :



Untuk proses memotret, saya gunakan Smartphone Sony Ericsson Xperia X10 Minipro. Setting kamera di modus Sport/ Olahraga. Jika memilih modus Close-up/ Macro dan mode Night / Malam, hasil dilayar akan terlihat bagian properti hingga corak ember background karena pencahayaan yang terang.

Lebih mudah apabila proses pembuatannya dibantu teman untuk menuangkan efek cipratan air. Repotnya jika melakukan sendiri seperti yang saya lakukan, cenderung banyak goyangan pada tangan yang memegang smartphone, tidak jarang pula take shoot berkali-kali harus dilakukan.
Tidak rumit sih, cuma sedikit repot untuk hasil selera.

Fotografi refleksi sering kali dianggap fotografi abstrak, tapi ini sangat bergantung pada apa yang ada dalam ide si fotografernya. Segitu saja dari saya, selebih atau kekurangannya saya mohon maaf. Selamat berkarya, semoga bermanfaat ya teman-teman FD. Salam

Info Penulis :
Penulis : Marken
Facebook : https://www.facebook.com/marken.pay

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

IBX5AC337825CB5A

Instagram

Subscribe