Tutorial Edit Foto Macro Colourfull di Handphone ANDROID

September 17, 2013

H, sobat phonegraphy nih ada tutorial editing lagi dari sahabat phonegraphy kita nih, siapa tuh kepo dikit yuk simak siapa dibalik artikel yang panjang dan lebar ini ?

Facebook : http://www.facebook.com/imam.fajarie
Instagram /Twitter : @eirajafmami
BLOG : http://eirajafmami.blogspot.com


Awal Tutorial ini terinspirasi ketika saya mendapati sebuah postingan Facebook dari salah satu teman saya yaitu Thomp, dia menshare salah satu blog yang berisikan foto-foto macro beserta cara mengedit foto macro yang jujur membuat saya tertarik. Di blog tersebut cara mengedit khususnya foto macro benar-benar berbeda, pengolahan editan tersebut difokuskan bermain warna yang berbeda dari umumnya dan yang makin memicu saya untuk mencoba adalah ternyata software yang digunakan ternyata sudah terinstal di laptop saya, so setelah membaca blog tersebut langsung saja saya praktekan, dan benar saja Foto Macro saya setelah diedit dengan Tutor tersebut langsung berubah menjadi "Wow...". Oh iya di blog tersebut Software yang digunakan adalah Plugin dari Photoshop yaitu Colour Efex Pro dari Nik software. Bagi yang mau mencoba boleh langsung ke TKP, monggo belajar langsung dari om Acong langsung di
Blognya ➧➧➧ http://acongsb.blogspot.com/2012/07/sharing-macro-kerayon-dari-singgle.html
Dan inilah hasil foto macro saya menggunakan Tutor tersebut :



Setelah beberapa foto diatas saya posting di berbagai Media social seperti Instagram dan ter-link ke Facebook akhirnya banyak yang komentar dan ingin tau cara editnya dan saya beritahu seperti cara diatas, dan kebanyakan berkomentar bahwa mereka pikir saya edit melalui Smartphone Android saya ( Mungkin orang banyak yang mengenal bahwa editan-editan foto saya berasal dari Handphone saya, memang betul kebanyakan Foto saya berasal dari handphone dan di edit langsung dari handphone saya juga) jadi ekspetasi mereka mungkin berbeda tidak seperti yang diharapkan... Akhirnya saya merasa tertantang untuk membuat model editan foto macro tersebut akan tetapi menggunakan handphone saya. Kebetulan hari minggu 15/09 kemarin saya mengikuti Gathering bersama IXP (Indonesian Xperia Photography) dan hunting macro di daerah kuningan tepatnya di depan Puri Imperium (lahan kebon kosong), ya walau yang akhirnya hunting macro hanya 4 orang yaitu Crist, Muqdad, Dafit (IXP admin chapter Jakarta) dan saya sendiri. Dan setelah hunting akhirnya kami nongkrong di Sevel dan berhubung saya sudah gatel pengen utak-atik hasil hunting macro tadi dan saya juga gak bawa laptop akhirnya saya mencoba edit melalui handphone saya, dan hasilnya cukuplah untuk menyamakan seperti Tutor diatas walau hanya bermodalkan aplikasi dari Android. Ok daripada saya kebanyakan Curhat :p, langsung aja saya mulai share Tutornya ya hehehe......
Note :
·         Pahami kegunaan setiap Effect dari aplikasi yang anda gunakan, khususnya Snapseed dalam tutor ini, jadi bila anda ingin mengkombinasi dengan efek lain di snapseed tidak terjadi kesalahan. Karena apa?? Karena di aplikasi Snapseed tidak ada fitur Undo yang bila salah bisa diulang satu step sebelumnya. Bila terjadi kesalahan mau tidak mau anda harus mengulang stepnya dari awal.
·         Setiap tutor yang saya sampaikan disini tidak selalu pakem harus ikut cara saya, baik step maupun nilai value dari setiap effect bisa berubah sesuai kondisi foto yang akan diedit. Akan tetapi gunakan effect yang telah saya sampaikan walaupun nanti urutan maupun nilainya dapat berubah diluar Tutor yang saya berikan.
 
█████████ TUTORIAL EDIT FOTO MACRO COLOURFULL di ANDROID █████████

● Aplikasi : Snapseed
                   Picsaypro
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒ SNAPSEED ▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒
Pertama kita masuk aplikasi Snapseed untuk memperbaiki kualitas foto.

Crop > 1:1 / Square ( Biar bs upload langsung ke Instagram dan gak perlu WM klo ad yang ngakuin, ya iyalah klo ada yang ngakuin juga dia kan gak punya sambungan foto aslinya hehe, makanya gak perlu WM lagi hihi..)


Detail > Sharpening +30, Structure +20 (Ingat semakin tinggi nilai detail semakin merusak kualitas Foto, This is not HDR dude..)

Tune Image > Ambiance +20, Contrast + 5, sisanya biarkan apa adanya.


Center Focus > Tentukan titik vocal pointnya , Blur 0 , Outer -60, Inner -15 (Disini untuk menentukan area gelap dan terangnya agar Objek utama lebih terfokus)



Save

▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒ PICSAYPRO ▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒
Hasil dari Snapseed kita finishing dengan picsaypro, nah disinilah semua keajaiban terjadi :D
Adjust > Smooth > 1.32 ( Jangan terlalu besar atau nanti akan terlihat seperti kartun)


Save ( Kita save dulu nanti hasil save-an ini akan kita pakai untuk step dibawah)

Effect > Hue > +120 ( Inilah kunci Utama editan saya yaitu merubah seluruh tone warna, usahakan warna menuju ke Hijau tosca atau Biru muda )


Option > History > Clear history ( Just follow this, nanti juga ngerti kenapa :p )
Adjust > Blur > 10.00 (Biasanya setelah edit apalagi foto macro khususnya yang diambil menggunakan kamera Handphone pasti bagian Bgnya akan terasa kasar, cara ini untuk menghaluskan aja, tapi kalau mau bikin efek blur yang sampai halus juga monggo tinggal mainkan nilai valuenya, tapi kalau saya yang penting BG terlihat halus aja tanpa ubahan yang terlalu blur )


Adjust > History Paint > Lalu hapus bagian Objek utama sehingga terlihat bahwa objek utama kembali seperti semula


Effect > Insert Picture > Pilih foto yang telah kita Save tadi diawal Picsaypro diatas > Dibagian Crop dan Place picture langsung Ok / Ceklist langsung > Cut Out, nah pada bagian ini Hapus / gosok bagian yang tidak diinginkan, ingat semakin rapi semakin bagus


Bila agak sulit, zoom saja untuk mempermudah menggosoknya :D



Effect > SpotLight > Nah ini satu lagi kunci dari editan ini agar kita bisa mendapatkan gradasi warna yang indah, untuk spotlight pertama saya menggunakan warna Biru ke Ungu dan ditempatkan di bagian pojok kiri bawah lalu atur ( disini anda bisa mulai bebas bermain warna kesukaan anda)


Effect > SpotLight > Nah saya gunakan sekali lagi spotlight agar gradasi warna saya semakin berwarna, untuk yang kedua ini saya gunakan warna Lime atau Hijau kuning dan saya letakan di pojok kanan atas, oh iya untuk spotlight jangan lupa merubah-rubah settingan opacitynya agar bisa didapatkan hasil yang diinginkan


Effect > SoftGlow >25% , nah disini saya gunakan untuk menghaluskan foto serta menaikan warna


Save and Enjoy
Ok ini hasil Sebelum dan sesudah Editnya, silahkan bandingkan sendiri hasilnya  :D

BEFORE
AFTER


Dan inilah beberapa Hasil foto Macro saya dan diedit menggunakan cara diatas :



Note :
·         Tutor diatas murni hasil pemikiran dan utak2ik saya pribadi bukan Copas dari sumber lain, bila ada kesamaan dengan tutor lain saya minta maaf mungkin hanya kebetulan sama karena aplikasi ini bersifat universal siapa saja bisa mencoba.
·         Apabila ada yang mau menshare Tutor ini di harapkan mencantumkan Sumbernya.
Special Thanks to :
Thomp ( yang sudah sharing blog macro om Acong dan membuat saya terinspirasi)
Om Acong dari http://acongsb.blogspot.com/ yang sudah memberikan inspirasi serta ilmunya secara tidak langsung :D, thanks a lot ya om :D
Crist, Miqdad, & Dafit (Admin IXP Chapter Jakarta) Yang sudah hunting macro bareng serta sharing ilmu lainnya bareng-bareng :D

Sumber : http://eirajafmami.blogspot.com/2013/09/tutorial-edit-foto-macro-colourfull-di.html

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

IBX5AC337825CB5A

Instagram

Subscribe