Teknik Fotografi Macro dengan kamera handphone

Oktober 17, 2013

Tips Fotografi berikut ini adalah Tips Memotret Macro dengan Kamera Ponsel atau Handphone. Ya cukup mudah dan murah serta menjadi jawaban Anda yang ingin menghasilkan foto macro namun belum memiliki lensa makro. Seperti kita ketahui Fotografi Macro adalah teknik pengambilan foto objek dalam jarak yang sangat dekat, untuk mendapatkan detil objek yang sangat kecil.

Untuk mendapatkan foto makro, biasanya dilakukan dengan kamera DSLR dengan menggunakan lensa khusus macro yang sudah tentunya harganya tidak murah. Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, memotret makro bisa anda lakukan dengan hanya menggunakan kamera ponsel atau handphone/smartphone.

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai tips memotret makro dengan kamera HP adalah Anda harus memiliki lensa tambahan. Jangan kuwatir, meskipun lensa tambahan ini khusus makro namun harganya sangat murah, dan saat ini lensa makro untuk HP juga sudah banyak tersedia di pasaran jadi tidak sulit untuk mendapatkannya.

Cara menggunakan lensa macro untuk kamera ponsel ini juga relatif mudah untuk digunakan. Lensa makro yang banyak di pasaran, hanya cukup menempelkan di body handphone Anda karena saat membeli sudah disertakan magnet sebagai alat bantu penempel ke di kamera hp. Setelah ditempel, kamera HP sudah siap untuk melakukan teknik fotografi macro dengan kamera handphone.

Tips Fotografi Memotret Macro Dengan Kamera Handphone

1. Lensa Macro Untuk HP
Pastikan lensa macro Anda tertempel sempurna di belakang lensa ponsel anda. Pastikan juga lensa bersih dari debu, minyak, atau kotoran-kotoran yang lain. Jika lensa anda kotor, bersihkan terlebih dahulu karena akan mengurangi ketajaman foto dan juga hasil foto macronya kurang baik.

2. Settingan pada Kamera Hp
  • Setting focus pada mode infinite, jika HP anda tidak mempunyai fitur infinite, Anda bisa menggunakan mode landscape. Intinya jangan menggunakan pilihan auto focus.
  • Untuk metering mode, pilih mode spot. Agar pencahayaan bisa terpusat ke area yang dituju saja (abaikan metering mode jika hp anda tidak mendukung fitur ini).
  • Setting resolusi kamera anda pada resolusi tertinggi. Pengaturan resolusi tinggi sangat berguna saat anda melakukan edit cropping agar hasil foto tidak akan pecah waktu dicropp.

3. Pencarian Focus
Seperti definisi fotografi macro yang lebih menonjolkan detail dari objek, untuk itu saat memotret makro menggunakan HP aturlah jarak fokus ke objek yang akan difoto. Lensa macro untuk ponsel memiliki jarak titik fokus tertentu. Carilah titik focus tersebut dengan memaju mundurkan HP Anda. Dengan memaju mundurkan hp ini, bisa ditemukan titik focus yang tepat. Inilah fungsi setting mode infinite pada hp. Fokus ditentukan dengan mengatur jarak dengan objek. Jika focus sudah didapatkan, pencet sutter kamera hp anda.

4. Pencahayaan Yang Tepat
Dalam dunia fotografi, cahaya adalah hal terpenting selain teknik fotografi sendiri. Saat memotret macro dengan HP pastikan pencahayaan ke objek mencukupi untuk mendapatkan exposure yang tepat. Cahaya yang paling bagus adalah pencahayaan alami dari cahaya matahari. Selain itu, pilihlah waktu yang tepat untuk mendapatkan cahaya yang tepat. Karena pencahayaan ini sangat berpengaruh pada hasil akhir foto macro anda.

5. Hindari Getaran
Untuk itu diperlukan kestabilan tangan saat memotret makro. Hindari getaran dari manapun termasuk dari tangan saat memotret. Karena jika gambar yang dihasilkan miss focus akan menjadi hal terburuk pada fotografi makro. Untuk kestabilan tangan bisa diusahakan dengan tips-tips berikut :
  • Tahan nafas beberapa detik sampai anda memencet sutter kamera hp.
  • Sandarkan kedua siku atau salah satu siku ke benda2 kokoh di sekitar anda. Bisa tembok, batang pohon, dahan, dan lain-lain. Kedua siku yang bersandar bisa meredam getaran tangan, dan menggantikan fungsi tripod.
6. Sabar dan Terus Mencoba
Memotret macro dengan kamera ponsel harus memiliki kesabaran ekstra, karena pengambilan foto harus dilakukan sedekat mungkin dengan objek. Apalagi objek yang kita foto adalah serangga atau hewan-hewan kecil lainnya, yang kadang tidak mudah untuk mendapatkan moment diam mereka.
Teruslah bersabar dan mencoba untuk mendapatkan hasil foto makro yang menakjubkan. Ingat, kadang moment tidak datang dengan sendirinya, moment perlu dicari dan diciptakan. Hasil kesabaran dan jerih payah anda akan terbayar dengan terciptanya karya-karya macro mengagumkan hanya dari kamera hp anda.

by @KangYasin Galaxy Mini + Macro Lens

Tips Editing Foto Macro dari Kamera HP/Ponsel

  • Lakukan cropping untuk memperkuat efek macro pada foto anda. Hati-hati dalam melakukan cropping. Cari batas maksimal cropping, agar foto tidak pecah.
  • Saat melakukan cropping, anda juga bisa mengatur komposisi foto. Letakkan objek pada Rule of Third. Karena walaupun foto macro, kita harus tetap memperhatikan komposisi dan aturan-aturan fotografi yang ada.
  • Perbaiki contras dan brightness secukupnya.
  • Perbaiki saturasi secukupnya untuk mengatur detail warna.
  • Bila perlu tambah sharpness untuk mempertajam detail foto macro dari HP.

Tips Memotret Macro Serangga Dengan Kamera Handphone

  1. Lakukan di pagi hari antara matahari terbit sampai sekitar jam 9 pagi. Selain pencahayaan matahari masih sangat soft, serangga pada jam-jam tersebut masih jinak dan belum terlalu agresif, sehingga kita bisa leluasa untuk bisa mengambil foto mereka dan gampang untuk mengatur komposisi.
  2. Hindari angin yang bertiup, karena objek yang bergerak walaupun sedikit akan menyulitkan kita. Pergerakan sedikit pada objek maupun tangan kita berarti miss focus.
  3. Berjalanlah hati-hati, atau bila perlu mengendap-endap. Jangan melakukan gerakan yang mengejutkan, atau serangga yang anda incar akan lari.
  4. Jeli dan teliti, karena objek macro berukuran sangat kecil. Dituntut kejelian kita untuk bisa menemukan keberadaan mereka. Kadang kalau tidak teliti, serangga yang sudah ada di depan kita tidak terlihat, dan lewatlah moment yang kita tunggu-tunggu.
  5. Kalau serangga sudah bisa dipotret, ambil gambar berkali-kali, dengan angle yang berbeda. Sehingga kita bisa memilih dan menentukan foto yang benar-benar perfect.
Beberapa Sumber : Belfot.com

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Twitter Timeline

IBX5AC337825CB5A

Instagram

Subscribe